TAPIS LAMPUNG

explore your lampung

Peserta ‘Siluman’ Lolos Seleksi CPNSD

Posted by seandanan pada 24 Desember 2009

Peserta ‘Siluman’ Lolos Seleksi CPNSD

MENGGALA (Lampost): Aroma kecurangan tes calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) kembali menyengat. Meskipun tidak mengikuti ujian tertulis, empat pelamar di Tulangbawang dinyatakan lulus.

Dugaan kecurangan itu diungkapkan Fauzi dan Binaris Sinaga, keduanya peserta yang tidak lulus tes, kepada awak Lampung Post di Kantor Biro Menggala, Tulangbawang, Rabu (23-12). “Kami akan mengadukan kecurangan ini ke Polres, DPRD, kejaksaan, dan Presiden,” kata Fauzi.

Fauzi mengatakan ia mengikuti tes tertulis pada 29 November 2009 di SMA Pembina Ruang C-69 untuk kategori pelamar dari lulusan sarjana sosial. Di ruangan itu, terdapat enam pelamar, yakni Aminur Assafa dengan nomor peserta 118340005, Wijayanti (118340008), Maria (118340001), Binaris Sinaga (118340002), Fauzi (118340003), dan Dwi Dyah Saputra (118340004).

Namun, saat pengumuman hasil nilai ujian tertulis Selasa (22-12) lalu, nama Maria mendadak raib. Sebagai gantinya muncul tiga nama lain, yang tidak mengikuti tes pada 29 November 2009. Ketiga pelamar “siluman” itu adalah Fadho Riyansyah dengan nomor peserta 118340009, Sri Lidia (118340011), dan Erma Juwita (118340012). Indikasi kecurangan makin kuat setelah diketahui ketiga peserta “siluman” itu dinyatakan lulus. “Saya ingat betul mereka tidak ikut tes,” kata Fauzi.

Inilah Cermin Bobroknya Penerimaan CPNSD Di Lampung… Salah Siapa??,, Siapa Lagi Kalau Bukan Panitia PNS dan Pemerintah…

Menurut Saya sih… Penjarakan aja Tu Ketua Panitia nya… Atau Bahkan Hukum Mati… Buat Pelajaran Bagi yang Lainnya.. Malu saya dengan China,, Mereka Komunis tak beragama Tapi Berdedikasi Tinggi.. Huh…. Capak Dech….!!!

Binaris menambahkan kejanggalan lain juga terjadi atas nama Asih Romiyana dengan nomor peserta 118130015. Sebelum ujian tertulis, nama Asih tidak tidak tercatat di lokasi tes. Namun, saat pengumuman tes dua hari lalu, Asih dinyatakan lulus. “Saya menduga dia titipan pejabat,” kata Binaris.

Fauzi dan Binaris berharap semua peserta “siluman” digugurkan karena melanggar pernyataan di atas meterai untuk tidak menggunakan joki. “Enam peserta yang mengikuti tes, tidak diterima. Sementara para peserta yang tidak terdaftar dan tidak ikut tes malah diluluskan,” kata Henri, suami Maria, yang juga datang bersama Fauzi dan Binaris.

Peserta Tambahan

Menanggapi hal itu, Ketua Panitia CPNSD Tulangbawang Darwis Fauzi mempersilakan peserta tes melapor ke aparat hukum. “Melapor ke mana saja silakan,” kata Darwis didampingi Kasi Penerimaan Pegawai, Gatot, dan beberapa staf Badan Kepegawaian Daerah.

Mengenai pelamar yang tidak mengikuti tes tetapi dinyatakan lulus, menurut Darwis, mereka adalah peserta tambahan yang namanya tidak dipublikasikan di media massa. Namun, nama mereka terdaftar sebagai peserta dan bisa mengikuti tes. Pengumuman di koran, ujarnya, hanya pemberitahuan dan sifatnya tidak prinsip. “Yang penting punya nomor tes,” kata Plt. Sekkab Tulangbawang itu.

Ketika ditanya hilangnya nama Maria saat pengumuman hasil tes, Gatot menduga yang bersangkutan salah menulis kode sehingga tidak terbaca komputer. Ia menyarankan peserta yang tidak puas mengecek langsung ke Universitas Indonesia (UI) di Jakarta. “Kami cuma bisa menerima hasilnya dari UI,” kata Gatot.

Kasus mirip Tulangbawang pernah terjadi di Way Kanan tahun lalu atas nama Ganda Febriansyah. Saat tes tertulis, Ganda sedang menunaikan ibadah haji. Namun, ia dinyatakan lulus. Belakangan terungkap Ganda memakai joki. Tak lama, Ganda menyatakan mundur setelah kasus ini menjadi sorotan publik. Tahun ini Ganda kembali mengikuti tes di Pringsewu dan lulus.

Secara terpisah, Direktur Eksekutif Pusat Studi Strategi dan Kebijakan (Pussbik) Aryanto mencurigai banyaknya ralat pengumuman oleh panitia CPNSD di Lampung Barat, Mesuji, dan Pringsewu mengindikasikan kecurangan. “Kalau memang hasil yang diberikan UI sama dengan yang diumumkan di media massa harusnya tidak boleh lagi ada perubahan,” kata Aryanto.

Ketika menjawab adanya dugaan manipulasi data, Sekprov Lampung Irham Djafar Lan Putra membantah kemungkinan itu. “Saya menjamin yang dimuat di media massa sesuai dengan data UI,” kata dia. n UNA/MG3/U-1

Sumber: Lampung Post

Satu Tanggapan to “Peserta ‘Siluman’ Lolos Seleksi CPNSD”

  1. irawan said

    sukses gawoh buat krui……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: