TAPIS LAMPUNG

explore your lampung

TIMUR TENGAH: Polisi Iran Kepung Universitas Teheran

Posted by seandanan pada 8 Desember 2009

TEHERAN (Lampost): Ratusan polisi mengepung Universitas Teheran, Senin (7-12), sebagai upaya menghentikan demonstrasi lanjutan oleh pendukung oposisi Mir Hossein Mousavi.

Polisi menilai pendukung oposisi yang telah ikut menyusup dalam sebuah acara tahunan mahasiswa. Acara tahunan mahasiswa itu sebagai bentuk peringatan atas terbunuhnya tiga mahasiswa pada 1953.

Sebelumnya pada Minggu, pemimpin oposisi Mir Hossein Mousavi mempertanyakan apakah larangan tersebut akan berhasil menghentikan aksi protes.

Seperti yang diberitakan BBC, pasukan keamanan Iran termasuk pasukan elite Garda Revolusi telah memperingatkan pendemo kalau mereka akan mengambil langkah atas setiap upaya untuk menggunakan acara tersebut sebagai panggung demo oposisi.

Lawan politik pemerintah Iran sejauh ini memang menggunakan beragam acara resmi untuk menyampaikan pesan mereka setelah pemerintah melarang aksi demonstrasi.

Perayaan mahasiswa ini sendiri merupakan peringatan kematian mahasiswa saat berlangsung aksi demo menentang Amerika di tahun 1953. Pemerintah Iran juga masih melarang media asing untuk meliput acara tersebut.

Sebelum pawai berlangsung, warga Teheran mengatakan kalau mereka tidak dapat menggunakan surat elektronik atau e-mail dan situs internet oposisi diawasi lebih ketat dari sebelumnya.

Ribuan orang telah ditangkap dan lusinan lainnya tewas pada tahun ini setelah kericuhan politik pecah saat pemilihan umum kembali memenangkan Mahmoud Ahmadinejad dan menyebabkan aksi demo terbesar sejak peristiwa Revolusi Iran tahun 1979.

Sumber: Lampung Post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: