TAPIS LAMPUNG

explore your lampung

Asal Usul Suku Lampung

Posted by seandanan pada 30 November 2009

Asal-usul Ulun Lampung erat kaitannya dengan istilah Lampung sendiri. Kata Lampung sendiri berasal dari kata “anjak lambung” yang berarti berasal dari ketinggian ini karena para puyang Bangsa Lampung pertama kali bermukim menempati dataran tinggi Sekala Brak di lereng Gunung Pesagi. Sebagaimana I Tsing yang pernah mengunjungi Sekala Brak setelah kunjungannya dari Sriwijaya dan dia menyebut To-Langpohwang bagi penghuni Negeri ini. Dalam bahasa hokkian, dialek yang dipertuturkan oleh I Tsing To-Langpohwang berarti orang atas dan seperti diketahui Pesagi dan dataran tinggi Sekala brak adalah puncak tertinggi ditanah Lampung. Prof Hilman Hadikusuma didalam bukunya (Adat Istiadat Lampung:1983) menyatakan bahwa generasi awal Ulun Lampung berasal dari Sekala Brak, di kaki Gunung Pesagi, Lampung Barat. Penduduknya dihuni oleh Buay Tumi yang dipimpin oleh seorang wanita bernama Ratu Sekerummong. Negeri ini menganut kepercayaan dinamisme, yang dipengaruhi ajaran Hindu Bairawa. Buay Tumi kemudian kemudian dapat dipengaruhi empat orang pembawa Islam yang berasal dari Pagaruyung, Sumatera Barat yang datang ke sana. Mereka adalah Umpu Bejalan diWay, Umpu Nyerupa, Umpu Pernong dan Umpu Belunguh. Keempat Umpu inilah yang merupakan cikal bakal Paksi Pak Sekala Brak sebagaimana diungkap naskah kuno Kuntara Raja Niti. Namun dalam versi buku Kuntara Raja Niti, nama puyang itu adalah Inder Gajah, Pak Lang, Sikin, Belunguh, dan Indarwati. Berdasarkan Kuntara Raja Niti, Prof Hilman Hadikusuma menyusun hipotesis keturunan Ulun Lampung sebagai berikut:

• Inder Gajah Gelar: Umpu Lapah di Way Kedudukan: Puncak Dalom, Balik Bukit Keturunan: Orang Abung

• Pak Lang Gelar: Umpu Pernong Kedudukan: Hanibung, Batu Brak Keturunan: Orang Pubian

• Sikin Gelar: Umpu Nyerupa Kedudukan: Tampak Siring, Sukau Keturunan: Jelma Daya

• Belunguh Gelar: Umpu Belunguh Kedudukan: Kenali, Belalau Keturunan: Peminggir

• Indarwati Gelar: Puteri Bulan Kedudukan: Cenggiring, Batu Brak Keturunan: Tulang Bawang

17 Tanggapan to “Asal Usul Suku Lampung”

  1. seandanan said

    bagus

  2. aini said

    aq mendukung, n sangat mendukung blog ini,,, akhirnya..

  3. Joko chuex aj said

    Maju truz kota BANDAR LAMPUNG

  4. Nadi gaoh said

    sikam Selalu ngedukung.. kipak jaoh juga….

  5. Semacca andanant said

    Khepa munih hubungan jama kisah say wat di kitab “SAJARAH MAJAPAHIT” say ngucak bahwa si Nuhun penembahan ngedok telu ketukhunan yaddoda SIJAWA, SILAMPUNG & SIPASUNDAYAN. Apido mak dapok ngepujelas asal usul suku lampung khik gelakh lampung heno tenggalan? Sikam mak panday….
    Payu pun………

  6. din said

    Mungkinkah sekala brak kuno ada hubgnnya dgn dinasti syailendra (sriwijaya dan mataram).. Karena istana ratu boko mirip dgn istana sekala brak kuno..

  7. din said

    Apa ada hubungan buai semenguk, tumi, ranau dan komering? Karena mereka penghuni awal lampung sebelum dtg empat umpu dari pagaruyung.. Apakah mereka bagian kerajaan tulang bawang dan sriwijaya? Ini penting utk dikaji, guna mengetahui sejarah skala brak kuno..

  8. din said

    Kemungkinan besar, bahwa asal nama SILAMPUNG RATU BAKA itu merujuk pd nama RATU SAGARA BAKA (sakala brak) yaitu DINAISTI SYAILENDRA/ SILA-INDRA(Raja gunung).. Yg melakukan perkawinan klrg dgn krjaan tarumanegara (sunda) dan kalingga (jawa).. Shg dlm kitab majapahit jawa,sunda dan lampung msh bersaudara.. Tp apa hbgnnya dgn adanya buai tumi dan semenguk ya? Ada yg tahu..

  9. din said

    Kemungkinan besar, bahwa asal nama SILAMPUNG RATU BAKA itu merujuk pd nama RATU SAGARA BAKA (sakala brak) yaitu DINAISTI SYAILENDRA/ SILA-INDRA(Raja gunung).. Yg melakukan perkawinan klrg dgn krjaan tarumanegara (sunda) dan kalingga (jawa).. Shg dlm kitab majapahit jawa,sunda dan lampung msh bersaudara.. Tp apa hbgnnya dgn adanya buai tumi dan semenguk ya? Ada yg tahu..?

  10. din said

    Kemungkinan besar, bahwa asal nama SILAMPUNG RATU BAKA itu merujuk pd nama RATU SAGARA BAKA (sakala brak) yaitu DINAISTI SYAILENDRA/ SILA-INDRA(Raja gunung).. Yg melakukan perkawinan klrg dgn krjaan tarumanegara (sunda) dan kalingga (jawa).. Shg dlm kitab majapahit jawa,sunda dan lampung msh bersaudara..

  11. ADDIN said

    Buai tumi stlh ditaklukan paksi pak, pergi dari skala brak ke gunung tanggamus. Di buku belanda menyebutkan bhwa, buai tumi, khandu dan babok penghuni disktr kota agung. Kemungkinan buai tumi adalah buai tungau selimau atau buai besindi sebadak..

  12. ADDIN said

    Buai tumi kemungkinan besar yaitu buai tungau selimau atau buai tengklek /besindi sebadak. Jadi orang lampung cukuhbalak dan way lima adlh orang lampung tertua.

  13. ADDIN said

    Jika membaca kitab jawa: bhwa di lampung dulu berdiri kerajaan dgn raja bernama prabu ISAKA / AJISAKA yg meletakan jbtnnya & pergi ke tanah jawa dan mjd raja di MEDANGKAMULAN.

  14. ADDIN said

    Orang lampung pesisir mengapa tidak memakai pepadun? (1) pepadun hanya digunakan di sekala berak (2) lampung pesisir msh keturunan buai tumi yg menybh pohon belasa kepampang, dan ditebang oleh paksi pak dan dibuat pepadun.

  15. ADDIN said

    Kenyataannya adat saibatin (lampung pesisir) lebih kental islamnya dari pepadun.. Hal ini karena pngruh kepaksian pak & keratuan darah putih..

  16. maju terus hulun lampung. ..yea puuuunnn..

  17. DALAM SEJARAH YANG SEUNGGUHNYA LAMPUNG, SUNDA, JAWA DI TAKLUKKAN OLEH SERIWIJAYA. DIHANCURLEBURKAN DAN DILULUH LANTAHKAN OLEH SERIWIJAYA SERTA RAJANYA DIMUSNAHKAN OLEH SERIWIJAYA.
    OLEH SEBAB ITULAH SUNDA JAWA DAN LAMPUNG SELALU BERSEKONGKOL UNTUK MERONGRONG SERIWIJAYA DENGAN BERBAGAI INTRIK DAN CARA TETAPI TIDAK PERNAH BISA. JAWA SUNDA DAN LAMPUNG BARU MENDAPAT ANGIN SETELAH SERIWIJAYA BERPERANG DENGAN RAJENDRA COLA DEWA DARI INDIA DAN PENGUSA SERIWIJAYA MENYINGKIR DARI PALEMBANG KEDARMASRAYA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: